Ecommerce
 

Blanja mulai membara, Ini reaksi investor Elevenia

Ecommerce 03 Apr 2017 | 10:33:08
Blanja mulai membara, Ini reaksi investor Elevenia ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) – Portal marketplace Blanja.com jelang tutup Maret 2017 usai melakukan revitalisasi tampilan guna mendukung agresivitas selama di tahun ayam api ini.

Portal yang digawangi Telkom dan eBay ini terlihat sudah mulai aktif dalam digital campaign serta iklan di televisi untuk meningkatkan traksi dari sisi pengunjung dan jumlah transaksi yang dilayani.

Dalam riset yang dilakukan meta-search engine, iPrice, di sisi jumlah pengunjung untuk kuartal pertama 2017, eCommerce yang sebagian sahamnya dikelola operator memang tak berdaya menghadapi pemain independen seperti Lazada  atau Tokopedia. (Baca: Laporan iPrice)

Blanja.com dalam laporan itu di posisi nomor 8  dengan 4,8 juta pengunjung. Portal eCommerce yang sahamnya dikuasai operator telekomunikasi yang lumayan berjaya adalah elevenia. Portal ini berada di nomor tiga dengan jumlah 32,666 juta pengunjung selama kuartal I 2017. (Baca: Revitalisasi Blanja.com)

Elevenia sahamnya dikuasai oleh XL Axiata dan SK Planet. Keduany pada 2013  memberikan kontribusi masing-masing sebesar US$ 18,3 juta untuk modal saham awal dan masing-masing memegang 50% dari total modal saham.   

Pada tanggal 27 Januari 2015, 7 Januari 2016 dan 30 Juni 2016, XL Axiata memberikan kontribusi tambahan modal saham masing-masing sebesar US$ 12,1 juta, US$ 9,6 juta, dan US$ 13,2 juta. Artinya, hingga semester I 2016 total dana tambahan bagi elevenia telah mencapai US$ 69,8 juta.

Sementara Blanja.com pada kuartal ketiga 2017 akan disuntik oleh Telkom dan ebay sekitar Rp 500 miliar. (Baca: Suntikan dana Blanja.com)

Lantas bagaimana XL melihat aksi Blanja sekarang? “Kami memang melihat eCommerce tengah naik pamornya. Tetapi kondisinya sekarang terus menumbuhkan permintaan, sementara kalau kondisi keuangan merugi. Artinya, kita harus suntik dana lagi kalau mau kebut,” ungkap CEO XL Axiata Dian Siswarini, pekan lalu. (Baca: Kinerja Elevenia)

Dian mengungkapkan , saat ini tengah dilakukan assessment dari internal untuk pendanaan bagi elevenia. “Kita sedang kaji semua kemungkinan, terutama mengundang investor baru masuk elevenia di luar kami berdua (XL dan SK Planet). Kita tunggu dulu hasil kajian itu keluar,” ulasnya. (Baca: Investor lirik elevenia)

Terkait dengan kinerja dari Elevenia sendiri, Dian mengklaim untuk eCommerce yang sahamnya dimiliki operator, elevenia adalah yang terbesar. “Gross Market Value (GMV) elevenia itu sudah US$ 200 juta. Coba cek saja punya tetangga, lewatlah sama kita (elevenia),” pungkasnya.(id)

Berita Pilihan  
Must Read