Ecommerce
 

BLANJA.com bikin UKM di Lubuk Pakam naik kelas

Ecommerce 04 Sep 2017 | 10:50:17
BLANJA.com bikin UKM di Lubuk Pakam naik kelas RKB Lubuk Pakam (Foto:Tono)
LUBUK PAKAM (IndoTelko) – Satu lagi Rumah Kreatif (RKB) yang digagas oleh Telkom.  Adalah RKB Lubuk Pakam yang merupakan rumah kreatif digital Telkom yang kedua setelah Takengon.

Terletak di Kabupaten Deli Serdang, kota Lubuk Pakam merupakan ibukota kabupaten ini. Di sinilah salah satu RKB milik Telkom berdiri kokoh.  Kokoh dalam hal ini lantaran keberadaan RKB ini mampu mendukung dan membantu para UKM sekitar kota ini untuk lebih maju dan kreatif lagi.

Berdiri sejak 25 Nopember 2016, RKB Lubuk Pakam ini sudah memiliki anggota sebanyak 118 UKM.  Jumlah ini belum ada separuhnya dari total jumlah UKM yang ada di Lubuk pakam.

“Awalnya sangat sulit mengajak pengrajin UKM untuk memanfaatkan keberadaan RKB ini,” kata Alfatah, pengelola RKB Lubuk Pakam yang di jumpai IndoTelko beberapa waktu lalu.

Menurut Alfatah, tahap awal pihaknya menggandeng kementerian koperasi untuk mensosialisasikan keberadaan RKB Telkom ini.  Pada akhirnya lama-kelamaan makin banyak UKM yang sadar dan memaksimaklan RKB.

Berbagai fasilitas yang tersedia di RKB ini antara lain perangkat komputer berikut koneksi internet berkecepatan tingginya, ruang pertemuan dan kelas, etalase produk, studio mini untuk memotret produk-produk, dan yang paling utama adalah edukasi dalam bentuk pertemuan-pertemuan rutin dan pelatihan.

“Setidaknya seminggu sekali berbagai pelatihan kami gelar.  Tema dan materi yang diangkat pun beragam.  Mulai dari cara memanfaatkan pasar digital, toko online, memotret produk, dan juga packaging yang baik,” jelasnya.

Maksimal di toko online

Seperti yang dirasakan oleh Fitri.  Ibu yang juga berprofesi sebagai guru sebuah SMK di kawasan Deli Serdang ini mengaku sangat terbantu dengan adanya RKB ini.

“Saya pikir kemasan itu biasa saja.  Tapi setelah saya belajar dan melihat potensi-potensi untuk meningkatkan penjualan lewat kemasan, dari situ saya mulai berbenah.  Berawal dengan membuat sticker label kemasan,” jelasnya.

Secara kebetulan saat tim IndoTelko berkunjung ke RKB ini, Fitri sedang mengupdate toko atau produknya yang ternyata baru saja terjual lewat toko online Blanja.com.

“Biasanya saya lewat facebook dan Whatsapp saja.  Sekarang coba lewat Blanja.com dan ternyata banyak peminat dan laku,” ceritanya.

Fitri bukanlah satu-satunya pelaku UKM di Lubuk Pakam khususnya yang tergabung dalam RKB Telkom yang memanfaatkan Blanja.com sebagai media jualannya.  “Masih ada sekitar 19 UKM dari total 118 UKM yang tergabung dalam RKB Telkom yang jualan lewat Blanja.com,” kata Alfatah.

Dikatakan Alfatah, Ibu Fitri adalah salah satu pelaku UKM yang berhasil dan merasakan manfaat toko Blanja.com.  Dan menurutnya, Ibu Fitrilah anggota UKM yang paling rajin berkunjung ke RKB.

“Kebetulan yang saya kerjakan ini sejalan dengan aktifitas utama saya sebagai guru di SMK.  Ini yang kami ajarkan kepada siswa-siswa untuk menjadi pengusaha lewat UKM-UKM.  Di sana juga diajarkan bagaimana strategi agar produk memiliki daya tarik,” kata Fitri beralasan.  (sg)

Video kunjungan Tim IndoTelko ke RKB Lubuk Pakam : 

Berita Pilihan  
Must Read