Global News
 

Ini prediksi Huawei soal bisnis cloud

Global News 07 Sep 2017 | 11:29:05
Ini prediksi Huawei soal bisnis cloud Rotating CEO Huawei Guo Ping (dok)
SHANGHAI (IndoTelko)  – Huawei berbagi visinya untuk membangun satu dari lima cloud utama di dunia yang diprediksi akan diciptakan di masa depan di ajang HUAWEI CONNECT 2017.  

Tema HUAWEI CONNECT tahun ini adalah “Grow with the Cloud” atau “Tumbuh Bersama Cloud”, dengan fokus pada implementasi praktis strategi cloud Huawei, yang pertama kali diperkenalkan pada HUAWEI CONNECT tahun lalu.

Topik-topik yang dibahas dalam acara kali ini termasuk bisnis, teknologi, dan strategi-strategi ekosistem di era cloud.
Rotating CEO Huawei  Guo Ping  membuka acara dengan kata sambutan yang berjudul Grow with the Cloud: Enabling an Intelligent World atau Tumbuh Bersama Cloud: Menciptakan Dunia yang Lebih Cerdas.

“Cloud adalah landasan kita untuk menuju dunia yang lebih cerdas. Saat ini, masyarakat tengah mengalami efek Matthew yang nyata dalam perkembangan teknologi digital. Karena hal ini, serta skala ekonomi untuk investasi, cloud di seluruh dunia akan mulai menyatu - menjadi semakin terpusat. Di masa depan, kami memprediksi bahwa akan terdapat lima cloud utama di dunia. Huawei akan bekerja sama dengan para mitra untuk membangun satu dari kelima cloud tersebut, dan kami memiliki teknologi serta pengetahuan untuk mewujudkannya,” katanya.

Guo Ping meyakinkan pelanggan dan para mitra bahwa Huawei telah melakukan investasi strategis di bidang public cloud, dan akan menyediakan layanan public cloud jangka panjang.

Huawei akan membangun jaringan cloud global berdasarkan public cloud yang dimiliki serta cloud yang diciptakan bersama dengan para mitra. Guo menyamakan strategi Huawei dengan tiga aliansi utama dibidang penerbangan – SkyTeam, Star Alliance, dan Oneworld – yang mengantarkan penumpang ke tempat manapun di dunia yang mereka inginkan.

Dia mengatakan bahwa Huawei Cloud akan mengantarkan dunia kepada para penggunanya.
Selanjutnya beliau menjelaskan model bisnis Huawei untuk cloud, yaitu dengan menekankan bahwa Huawei akan memonetisasi teknologi dan layanan, bukan data.

DNA Cloud milik Huawei terbuat dari kombinasi unik teknologi, keamanan, layanan, dan kesuksesan bersama.

Huawei memutuskan untuk melakukan investasi yang besar pada platform cloud, sembari mengembangkan kemampuan baru di bidang seperti Big Data dan Artificial Intelligence (AI) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan peningkatan layanan dan inovasi.

Elemen kedua dari DNA Cloud Huawei adalah keamanan. Huawei menyediakan solusi keamanan dari ujung ke ujung (end-to-end) – mulai dari chipset hingga layanan – yang efektif mengatasi tantangan keamanan cloud.

Kemampuan komprehensif Huawei untuk memastikan tingkat keamanan berhasil melampaui kemampuan yang dimiliki oleh sistem Teknologi Informasi (TI) independen manapun.

Elemen ketiga adalah layanan. Tidak seperti perusahaan lain yang dari awal sudah fokus pada cloud, Huawei tumbuh bersama cloud.

Arsitektur TI yang dimiliki oleh Huawei dapat mengerti kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan global. Tidak hanya itu saja, Huawei juga memiliki posisi yang tepat untuk membantu pemerintah serta perusahaan besar untuk melakukan digitalisasi.

Kesuksesan bersama merupakan elemen terakhir dari DNA Cloud Huawei. Pada acara tahun lalu, Huawei berbagi visinya untuk membantu menciptakan ekosistem yang berkembang dan beragam. Pada waktu itu, Guo menyatakan bahwa Huawei hanya fokus pada 1% dari ekosistem tersebut. Sementara untuk 99% lainnya, Huawei akan berkolaborasi dengan para mitra untuk menghadirkan produk-produk di 172 negara dan wilayah, hingga mencapai kesuksesan bisnis bersama.

Guo menutup kata sambutannya dengan informasi mendalam mengenai solusi hybrid cloud milik Huawei yang khusus ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dan perusahaan, termasuk beragam kisah sukses dari seluruh dunia.

Berbicara secara arsitektural, Huawei Cloud lahir dari pengalaman bertahuntahun perusahaan di bidang perangkat, jaringan, cloud, dan bidang digital lainnya, dan juga lebih siap untuk mencapai sinergi antara perangkat dan cloud. Kedepannya, Huawei akan terus memanfaatkan kekuatan platform global miliknya untuk membangun ekosistem terbuka yang tumbuh diatas kesuksesan bersama.

President of Cloud Business Unit Huawei  Zheng Yelai juga memaparkan hasil perkembangan timnya untuk Huawei Cloud di hari pertama helatan ini. Ia memaparkan 12 studi kasus perusahaan otomotif (termasuk Volkswagen dan Mercedes-Benz), Philips, the Commercial, dan Industrial Bank of China (ICBC), serta beberapa platform layanan pemerintah yang telah memilih untuk menggunakan Huawei Cloud dan layanan cloud dari mitra Huawei.

“Tim kami memiliki pemahaman yang mendalam tentang skenario bisnis para pelanggan, baik karyawan yang fokus di bidang R&D, pemasaran, ataupun penjualan. Kami selalu mengutamakan kebutuhan pelanggan dan disaat yang sama juga terus berinovasi. Kami telah mengembangkan Huawei Cloud untuk membantu perusahaan-perusaahan agar lebih mudah untuk melakukan digitalisasi, dan memastikan keberhasilan perusahaan-perusahaan yang memiliki keinginan untuk berinovasi,” katanya.

Pada tanggal 5 September 2017, Huawei juga mengumumkan peluncuran layanan cloud Enterprise Intelligence (EI) terbarunya, yang akan dihadirkan dengan platform untuk solusi umum dan skenario khusus.

Kombinasi Huawei Cloud dan EI memungkinkan Huawei Cloud untuk lebih cerdas dan dapat membantu untuk menciptakan nilai industri yang lebih besar dengan kemajuan teknologi.

Platform ini mencakup tiga tipe layanan cloud pintar dan platform komputasi yang beragam, yang dirangkum menjadi fitur-fitur berikut:
• Layanan platform dasar: mencakup pembelajaran mesin, pembelajaran mendalam, dan platform analisis grafik, serta pelatihan AI, pemahaman, dan pengindeksan platform.
• Layanan AI umum: mencakup layanan-layanan API (Application Programming Interface) seperti pengenalan visual API, pengenalan suara API, dan pengenalan bahasa yang natural untuk API.
• Solusi untuk skenario khusus: Huawei bekerja sama dengan para mitra dalam menciptakan solusi untuk AI, komputasi awan, dan skenario IoT (Internet of Things) untuk memenuhi kebutuhan industri.
• Platform komputasi yang beragam: Huawei memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam bidang rekayasa sistem, chipset, perangkat keras, dan perangkat lunak pokok, serta dapat menawarkan tiga tipe layanan cloud pintar, mengungkap kehebatan algoritma dengan kekuatan komputer yang luar biasa.

Public cloud dan private cloud milik Huawei memiliki arsitektur terpadu, mendukung evolusi yang mulus, serta memberikan pengalaman yang konsisten. Perusahaan-perusahaan bisa dengan efisien dan bebas menyebarkan layanan mereka pada platform public cloud atau private cloud, yang siap mendukung migrasi serta perluasan layanan. Untuk mencegah vendor lock-in, Huawei menawarkan solusi hybrid cloud yang memungkinkan integrasi dengan platform public cloud milik pihak ketiga, termasuk yang berasal dari Amazon dan Microsoft.

Huawei bekerja sama dengan para mitra untuk menciptakan jaringan cloud yang memiliki cakupan global, memberikan solusi lengkap yang membantu perusahaan-perusahaan yang berbasis di Tiongkok untuk memasuki kancah persaingan global, serta membantu perusahaan-perusaan diluar Tiongkok untuk memasuki pasar Tiongkok.

Huawei Cloud adalah hasil dari berbagai inovasi dari perangkat keras, perangkat lunak, data, koneksi, dan arsitektur. Dalam acara HUAWEI CONNECT 2017, Huawei akan meluncurkan solusi-solusi andalan dari setiap bidang untuk membantu merealisasikan agenda digital para pelanggannya yang berasal dari sembilan sektor berbeda, termasuk kebutuhan pemerintah dan publik, finansial, telekomunikasi, energi, transformasi, dan manufaktur.(sg)

Berita Pilihan  
Must Read