Indepth
 

HUT ke-5, Telkomcel siapkan kado 4G di Dili

Indepth 11 Sep 2017 | 09:09:34
HUT ke-5, Telkomcel siapkan kado 4G di Dili BTS milik Telkomcel yang ditopang solusi energi ramah lingkungan.(ist)
JAKARTA (IndoTelko) -  Operator Telkomcel mengaku tengah menyiapkan layanan 4G bagi pelanggannya di Dili pada September ini sebagai kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 dari cucu usaha Telkom itu.

Telkomcel atau Telekomunikasi Indonesia (TL) SA berdiri sejak 17 September 2012 dan resmi beroperasi pada 17 Januari 2013 adalah anak perusahaan Telekomunikasi Indonesia International (Telin).

Telkomcel adalah sayap bisnis internasional milik Telkom Grup yang memiliki full lisence mobile Network Operator di Timor Leste, negara tetangga Indonesia yang berbatasan langsung dengan propinsi NTT di pulau Timor.

“Bulan September 2017 ini Telkomcel akan HUT ke-5. Telkomcel akan meresmikan layanan 4G di Kota Dili,” ungkap Chief Executive Officer  Telkomcel Dedi Suherman kepada IndoTelko, Senin (11/9).

Dikatakannya, walaupun bukan sebagai operator pertama yang menggelar layanan 4G, namun Telkomcel menggelar layanan ini langsung meloncat dengan mengandalkan teknologi terkini untuk core network yaitu Virtual Core berbasis Network Functiions Virtualization (NFV).

“Layanan 4G berbasis Virtual Core ini telah berhasil live selama proses trial bulan ini Dili dan akan menjadi layanan 4G pertama yang menggunakan Virtual Core secara live di Mobile Network Operator di Asia,” ungkapnya.

Dikatakannya, sejauh ini Telkomcel telah memiliki 450 ribu pelanggan dari 1,2 juta populasi penduduk Timor Leste. Hal ini artinya sekitar 37,5% pasar seluler Timor Leste sudah dikuasai oleh Telkomcel.

Dari sisi infrastruktur, telah ada  260 BTS (123 eNodeB 3G dan 137 2G). Dimana lebih dari 50% dari energi yang digunakan untuk menghidupi BTS dengan solusi energi Green yang menggunakan Solar cell dan Fuelcell energi.

“Kami di tahun 2014 didaulat sebagai top 5 greanest operator di Mobile world congress, Barcelona,” pungkasnya.

Menteri BUMN Rini Soemarno bersama sejumlah direksi BUMN kala mengunjungi Telkomcel di Timor Leste

Asal tahu saja, selain Telkomcel, ada pemain seluler lainnya di Timor Leste adalah  Viettel Vietnam dengan  merek dagang Telemor yang dimiliki oleh Angkatan bersenjata Vietnam. (Baca: Target Telkomcel)

Di Timor Leste, Telkomcel mendapatkan lisensi di rentang frekuensi 850 Mhz, 900 Mhz, 1800 MHZ dan 2,1 GHz. Saat ini telah menggelar 3G di 850 MHz dan 2,1 GHz. Sementara 4G digelar di 1.800 MHz. Lisensi diberikan untuk masa 15 tahun.(id)

Berita Pilihan  
Must Read