Industry
 

Kominfo sudah kirim notifikasi ke ITU soal slot orbit Telkom 1

Industry 08 Sep 2017 | 11:48:15
Kominfo sudah kirim notifikasi ke ITU soal slot orbit Telkom 1 Teknisi Telkom tengah melakukan repointing VSAT pasca anomali yang dialami satelit Telkom 1(dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku sudah mengirimkan notifikasi ke International Telecommunication Union (ITU) terkait slot orbit 108 bujur timur milik satelit Telkom 1.

“Kita sudah kirim surat notifikasi ke ITU untuk slot orbit 108 bujur timur itu terkait anomali yang dialami Satelit Telkom 1. Ini agar tidak ada yang isi slot orbit itu,” ungkap Menkominfo Rudiantara , kemarin.

Dikatakannya, biasanya tiga tahun sebelum satelit akan diluncurkan dikirimkan notifikasi oleh pemilik slot orbit, namun mengingat satelit Telkom 4 akan diluncurkan pada 2018, maka surat langsung dikirimkan.

“Setelah notifikasi kita tunggu laporan lengkap dari Telkom dan Lockheed Martin terkait peristiwa anomali itu, setelah itu lapor lagi ke ITU. Hal yang pasti karena Telkom sudah rencana dan beli satelit Telkom 4, jadi kita prediksi slot orbit itu akan aman,” tukasnya. (Baca: Slot orbit Telkom 1)

Telkom sendiri tengah fokus memulihkan layanan bagi pelanggan satelit Telkom 1 pasca anomaly yang terjadi pada Jumat (25/8). (Baca: Anomali Telkom 1)

Hingga Kamis (7/9) pukul 10.00 WIB, perkembangan penyelesaian repointing antena ground segment sudah mencapai 81%, artinya dari total 15.000 sites, sekitar 12.125 sites telah normal kembali. Untuk site layanan ATM, Telkom telah memulihkan 8,975 sites dari target 11,574 sites, atau dapat dikatakan 78% site ATM telah pulih(dn)

Berita Pilihan  
Must Read