Rumors
 

4 kabel laut di Asia putus karena topan, bagaimana internet di Indonesia?

Rumors 06 Sep 2017 | 15:15:24
4 kabel laut di Asia putus karena topan, bagaimana internet di Indonesia?
JAKARTA (IndoTelko) – Topan besar yang terjadi di Hong Kong beberapa waktu lalu kabarnya membuat beberapa Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang menghubungkan Asia ke Amerika Serikat mengalami masalah.

Kerusakan kabarnya terjadi di SKKL Asia Submarine-cable Express (ASE), Asia-American Gateway (AAG), TGA-Intra Asia (TGA-IA), dan SEA-ME-WE3 (SMW3).

Situs SnowTechStuff melaporkan perbaikan memakan waktu hingga enam minggu. Perbaikan tergantung ketersediaan kapal, kondisi cuaca, dan izin.  

“Kita ada di AAG dan memang terkena dampak, tapi kita juga kan sudah punya kabel laut SEA-US. Alhamdulillah kita aman koneksinya,” ungkap Direktur Wholesale & International Service Abdus Somad Arief kepada IndoTelko, Rabu (6/9).

Diungkapkannya, dampak gangguan SKKL AAG adalah kapasitas ke Amerika Serikat 3x10G down.  Tetapi ini tak masalah bagi Telin (anak usaha Telkom Grup) yang punya jalur Singapura ke Amerika Serikat via Jepang dan seterusnya selain kabel laut SEA-US. “Semua trafik  Telin aman yang berarti seluruh Telkom Group aman,” pungkasnya. (Baca: Kabel laut SEA-US)

Segendang sepenarian, Direktur Jaringan XL Axiata Yessie D Yosetya menegaskan layanan internet dari anak usaha Axiata itu tak terpengaruh walau empat SKKL ke Amerika Serikat tengah bermasalah. “XL aman karena dari Singapura kita ada multiple routes,” pungkasnya.(id)

Berita Pilihan  
Must Read