Rumah Kreatif BUMN

Telkom bekali Balkondes dengan TIK

Liputan Khusus 22 Aug 2017 | 09:29:10
Telkom bekali Balkondes dengan TIK Dirut Telkom Alex J Sinaga dan Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi Balkondes Tuksongo belum lama ini. (ist)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memberikan sejumlah solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tuksongo yang berlokasi di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Balkondes dan seluruh fasilitas yang ada Desa Wisata Tuksongo kami dukung dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga semuanya bisa terintegrasi," kata Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga, kemarin.

Diharapkannya, keberadaan Balkondes sebagai pusat kegiatan usaha pariwisata desa dan pusat kuliner dapat memacu pertumbuhan ekonomi di sekitar objek wisata Candi Borobudur. Telkom juga berupaya mengembangkan seni dan budaya khas daerah setempat sejalan dengan program tanggung jawab sosial Telkom Peduli Budaya.

Sebagai pusat kegiatan para pelaku UMKM desa, Telkom juga berupaya mengembangkan dan memamerkan kerajinan unggulan khas daerah setempat melalui fasilitas workshop dan galeri.

Bangunan atau fasilitas Balkondes Telkom meliputi penginapan (homestay) yang memungkinkan wisatawan dapat menginap dan menikmati lingkungan asri pedesaan. Selain itu, beberapa fasilitas lain di antaranya Rumah Joglo dan Plaza atau Amphitheatre sebagai panggung kesenian dan pentas budaya, dua rumah limasan sebagai ruang pajang hasil UMKM dan resto, serta satu limasan kecil sebagai lokasi workshop para pelaku UMKM.

Saat ini, terdapat berbagai pelaku UMKM yang hadir di Balkondes untuk memamerkan produk-produk lokal Desa Tuksongo seperti Batik, kerajinan ukir bambu, tepung aren, kerajinan topeng, kripik sayur dan kaos. Sedangkan untuk memperkenalkan wisata kuliner, telah tersedia berbagai menu masakan khas Magelang dan angkringan.

Memiliki luas wilayah 23.000 m2, kini Desa Tuksongo memiliki Balkondes yang ditunjang dengan berbagai layanan berbasis teknologi digital, dimulai dari home automation, sistem pemesanan paket wisata berbasis online hingga sistem pembayaran dengan digital cash serta kedepan akan dilengkapi dengan digital signage dan smart parking. Selain itu, Desa Wisata Tuksongo menyajikan pemandangan utama bukit Menoreh dan stupa Borobudur.

Apresiasi
Menteri BUMN, Rini M. Soemarno mengapresiasi upaya Telkom dalam mendorong perekonomian lokal melalui Balkondes kala meninjau Balkondes Tuksongo yang berlokasi di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Balkondes ini diharapkan dapat menarik wisatawan untuk datang ke sini menikmati suasana di sekitar Borobudur dan bersentuhan langsung dengan aktivitas-aktivitas warga. Kedatangan para wisatawan ini lah yang secara otomatis dapat menggerakan perekonomian Desa Tuksongo," ujarnya.

Saat memasuki area Balkondes Telkom, Rini diminta melakukan uji coba teknologi "home automation" yang bisa secara otomatis membuka dan mengunci kamar, menghidupkan listrik, AC, menghidupkan fasilitas Indihome meliputi televisi, internet dan telepon cukup dari ponsel pintar.

"Balkondes Telkom bagus, fasilitas di Balkondes mengarah ke digital. Makanan berupa jajanan, dihasilkan warga juga enak-enak dan sangat layak untuk dikembangkan pasarnya. Balkondes ini merupakan Interconnecting Tourism System berbasis komunitas, yang selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, juga pemberdayaan dan pengembangan SDM yang berbasis wisata," kata Rini.

Kementrian BUMN menargetkan 18 Balkondes sebagai program BUMN di kawasan wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beroperasi penuh akhir 2017.(id)

SHARE