indihome Telkom Craft
 

Tiga jenis startup ini akan bersinar di 2018

09 Feb 2018 | 11:15:24
Tiga jenis startup ini akan bersinar di 2018
JAKARTA (IndoTelko) -  DailySocial memprediksi tiga jenis startup yaitu fintech, media dan kesehatan akan berkembang pesar di 2018.

"Bisnis eCommerce akan tetap tumbuh di tahun 2018, walaupun jumlahnya semakin sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tapi eCommerce yang sudah ada akan semakin besar dan akan banyak bermunculan startup eCommerce yang bermain di pasar niche," ungkap CEO DailySocial.id Rama Mamuaya, kemarin.  

Diprediksinya, startup fintech yang diwarnai dengan kegiatan akuisisi dan merger di tahun 2017, akan terus berkembang di tahun 2018 seiring dengan peraturan fintech yang semakin jelas dan teknologi pendukung yang semakin canggih mengikuti permintaan dari konsumen yang semakin mengenal dan yakin akan keuntungan yang ditawarkan startup fintech ini.

Pemilihan umum di tahun 2019 mendatang memberikan dampak positif terhadap perkembangan startup media di tahun 2018, penduduk Indonesia mulai mencari media mana yang dapat memberikan informasi dan wawasan  yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dan para politikus juga akan menjadikan media sebagai alat untuk mempengaruhi opini masyarakat secara langsung dan tidak langsung.

Di tahun 2018 ini, startup kesehatan yang ada akan terus mengembangkan layanan kesehatan yang paling efisien yang dapat diakses menggunakan internet dan teknologi mobile.

DailySocial juga memaparkan teknologi yang akan berkembang di tahun 2018, diantaranya Internet of Things, teknologi Blockchain dan Artificial Intelligence dan juga beberapa issue yang terkait dengan startup seperti misalnya, kurangnya talenta yang berkualitas yang dapat memenuhi standar yang dicari oleh para investor, regulasi yang masih menghambat, paradoks keberhasilan startup unicorn yang berasal dari Jakarta mengakibatkan perkembangan startup masih berfokus di Jakarta.

“Untuk kami para investor, laporan startup ini sangat membantu kami untuk melihat gambaran garis besar perkembangan teknologi dan ekosistem internet di Indonesia, sehingga dapat menjadi pedoman dalam mempertimbangkan keputusan dalam berinvestasi”, ujar CMO GDP Venture Danny Wirianto.

Asal tahu saja, saat ini sudah ada lebih dari 230 startup di Indonesia bahkan 4 diantaranya berhasil menjadi startup unicorns, dengan nilai investasi sebesar US$ 1.6-2.8 juta.(id)

Berita Pilihan  
Must Read