indihome Asian Games
 

Wow! Lelang konsultan gerakan seribu startup tembus Rp 4 miliar

15 Feb 2018 | 11:14:08
Wow! Lelang konsultan gerakan seribu startup tembus Rp 4 miliar Screenshot lelang jasa konsultan gerakan seribu startup(dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mencari jasa konsultan untuk gerakan seribu startup digital.

Dikutip dari laman LPSE.Kominfo.go.id, terungkap Ditjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) telah membuka lelang tersbeut sejak 6 Februari 2018.

Saat ini lelang tersebut sudah masuk tahapan evaluasi dokumen kualifikasi yang diikuti 24 peserta. Penilaian untuk teknis diberikan 80 sedangkan biaya 20.

Nilai pagu dari lelang ini adalah Rp4 miliar dengan nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) sebesar Rp 3.960.412.500,-.

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 7 Maret 2018 dan penandatanganan kontrak pada 13 Maret 2018.

Kominfo tercatat memulai gerakan seribu startup sejak Juni 2016 bersama dengan KIBAR.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kala itu dimulai dengan 10 kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. 

Untuk melahirkan 1.000 startup digital, strategi yang dijalankan adalah dengan mentoring dan pembinaan intensif melalui tahapan-tahapan sistematis di 10 kota yang memiliki infrastruktur serta fondasi digital yang kuat. Langkah pertama dimulai dari ignition¸ yaitu seminar untuk  menanamkan pola piker entrepreneurship, yang menargetkan 4.000 peserta setiap tahunnya.

Kemudian, dari peserta ignition tersebut akan dijaring 2.000 peserta yang layak untuk melanjutkan ke tahap workshop untuk diberikan pembekalan keahlian yang mereka butuhkan dalam membuat sebuah startup digital. Berbekal ilmu dari workshop tersebut, 1.000 perserta akan melanjutkan ke tahap hackathon untuk menghasilkan prototipe produk dari ide solusi aplikasi.

Setelah itu, 500 peserta akan memasuki tahap bootcamp, yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Terakhir, 200 peserta terpilih akan diinkubasi selama kurang lebih 3 bulan di sekitar kota per tahun, sehingga dalam 5 tahun akan tercipta 1.000 startup digital.

"Saya tidak akan pernah mengklaim program ini milik Kementerian Kominfo. It belongs to us, jadi semuanya punya kontribusi," kata Menkominfo Rudiantara kala melansir gerakan ini dua tahun lalu. (Baca: Gerakan seribu startup)

Selain gerakan seribu startup, Kominfo berkolaborasi dengan Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) dan Global Consulting Ernst & Young menginisiasi inisiatif “Next Indonesian Unicorn (NexICorn)” untuk  menghasilkan lebih banyak lagi unicorn startup digital Indonesia. Unicorn adalah startup dengan valuasi mencapai US$ 1 miliar. (Baca: NextUnicorn)

Indonesia sendiri telah memiliki empat Unicorn yakni GO-JEK, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Keempat Unicorn ini tak masuk dalam inisiasi gerakan seribu startup milik Kominfo.

Dailysocial merilis sepanjang 2017 ada investasi sebesar US$3 miliar ke startup asal Indonesia. Ada sekitar 230 startup melansir layanan, 14 startup melakukan merger dan akuisis, 2 startup melantai ke bursa saham, dan 91 startup mendapatkan investasi tambahan.

Sementara hasil dari gerakan seribu startup yang dinisiasi oleh Kominfo, hingga sekarang belum ada laporan resmi tingkat keberhasilannya entah itu  dalam status inkubator, akselerasi, atau validasi market.(dn)

indosat 2018
Berita Pilihan  
Must Read