Rumah Kreatif BUMN

Cara Telkom bikin pelaku UKM di Baubau naik kelas

Liputan Khusus 05 Dec 2017 | 08:38:56
Cara Telkom bikin pelaku UKM di Baubau naik kelas Suasana pelatihan di Rumah Kreatif BUMN Baubau (ist)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggelar kegiatan pelatihan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Baubau yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang digelar operator pelat merah itu.

"Kegiatan pelatihan ini bagian dari program RKB Telkom untuk mengenalkan pengelolaan produk kepada pelaku UKM agar bisa kompetitif di era digital," ungkap Koordinator RKB Telkom Sabri Rasyid, kemarin.

Diungkapkannya, kegiatan tersebut didukung Dinas Koperasi, Dinas Perindag, Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, serta Kantor Pos.

Dalam pelatihan diperkenalkan tentang dunia internet, pelatihan kemasan produk, dan jasa pengiriman. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kemasan untuk meningkatkan nilai tambah produk dan dapat diterapkan langsung untuk UKM.  

"Pelaku UKM sangat antusias dengan pelatihan ini dan mengharapkan melalui RKB Telkom di Baubau bisa meningkatkan nilai jual produk produk lokal," katanya.

Asal tahu saja, Rumah Kreatif BUMN merupakan wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri. Rumah Kreatif BUMN akan diperankan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UKM.

Tujuan utama dari Rumah Kreatif BUMN adalah peningkatan kapasitas dan kapabilitas UKM sehingga dapat terwujud UKM Indonesia yang berkualitas.

Dalam setiap pengelolaan RKB BUMN, UMKM akan melalui 3 tahap mulai dari Go Modern, Go Digital, dan Go Online.

Cara Telkom bikin pelaku UKM di Baubau naik kelas

Go Modern dimulai dari bimbingan registrasi di situs www.rkb.id, standarisasi produk, serta pelatihan pengelolaan branding. Setelah itu, pelaku UMKM masuk ke tahap Go Digital untuk mendapatkan pelatihan implementasi apps digital, social media dan otomatisasi produk.

Tahapan terakhir adalah Go Online dimana para pelaku UMKM mendapatkan pelatihan mengenai pembuatan website, listing di situs eCommerce Blanja.com, serta pelatihan marketing dan motivasi tentang bagaimana tumbuh dan menginspirasi UMKM lainnya.(ad)

SHARE