Digital Talent

Telkom ajak siswa kenal kekayaan nusantara

Liputan Khusus 04 Aug 2016 | 08:58:04
Telkom ajak siswa kenal kekayaan nusantara Herdy Harman (kedua kanan) dan Saiful Rachman (kanan) sesaat setelah mengenakan kethu dan baju Madura kepada perwakilan Siswa Mengenal Nusantara dari Jatim yang akan berangkat ke Kendari (dok)
SURABAYA (IndoTelko)  - Telkom mendukung program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang digagas Kementerian BUMN agar keindahan budaya bisa dikenal sejak usia dini.

“Program SMN  merupakan bentuk kontribusi BUMN untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa,” kata Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Herdy bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Saiful Rachman, MM, M.Pd melepas dua puluh siswa berprestasi asal Jawa Timur untuk mengenal keindahan budaya, ekonomi, pariwisata dan kemajuan dunia pendidikan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Ke-20 pelajar setingkat SMA dari 13 kota/kabupaten di Jawa Timur.

Program SMN sendiri merupakan bagian dari program besar “BUMN Hadir Untuk Negeri” dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada tahun 2016 ini Telkom mendapat mandat mengkoordinasikan pelaksanaannya di wilayah Jawa Timur.

Telkom mendapat kesempatan menjadi penyelenggara dari 14 macam kegiatan di Jawa Timur dengan 5 BUMN pendamping lainnya, yakni  PT Petrokimia Gresik, Perum Jasa Tirta I, PT SIER, PT Garam dan PT Boma Bisma Indra.

Herdy berharap momentum SMN ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para siswa untuk mengenal lebih jauh keragaman budaya, sosial ekonomi dan pendidikan daerah lain serta mengetahui peran BUMN dalam membangun daerah.

"BUMN sangat aware pada dunia pendidikan khususnya untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme utamanya dalam konteks untuk memperkuat semangat 71 tahun Kemerdekaan RI," ungkapnya.

Sementara Saiful Rachman yang mewakili Wakil Gubernur Jawa Timur menyampaikan apresiasi atas dukungan seluruh BUMN yang dimotori oleh Telkom. Ia berharap para siswa peserta SMN dapat  membawa nama Jawa Timur di kancah nasional. "Tunjukkan bahwa siswa SMA  dapat  memelopori ragam budaya Jawa Timur dan memperkenalkan lebih dekat lagi kepada daerah lain, dalam hal ini Provinsi Sulawesi Tenggara,” pesannya.

Selain memberangkatkan 20 peserta SMN dan 3 guru pendamping ke Kendari, pada hari yang sama Jawa Timur juga menerima 20 pelajar dari Sulawesi Tenggara yang akan diajak untuk melihat potensi wisata, budaya, pendidikan, dan perekonomian rakyat di beberapa kota Jawa Timur. Selama 8 hari berada di Jawa Timur para siswa akan bermalam di rumah-rumah penduduk, seperti di Kampung Herbal Surabaya dan Kampung Cacing Malang.

Selain SMN, Telkom bersama BUMN pendamping juga akan melaksanakan beragam program, antara lain upacara peringatan HUT RI, penyediaan sarana air bersih, penyediaan sarana mandi cuci kakus, pembangunan tempat penitipan anak, pembinaan mantan atlet nasional, pembinaan desa terpencil, perbatasan dan rawan konflik, elektrifikasi rumah tangga yang belum teraliri listrik, pasar murah, kegiatan lomba-lomba untuk masyarakat, BUMN Mengajar dan bedah rumah Veteran.(id)

SHARE